Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.2, No.2, Februari 2017

KONTRIBUSI DAYA KREATIVITAS DAN KINERJA PRAKERIN TERHADAP HASIL UJI KOMPETENSI KEAHLIAN

Ayu Septiana Pratiwi (Pendidikan Kejuruan-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Dwi Agus Sudjimat (Pendidikan Kejuruan-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Hakkun Elmunsyah (Pendidikan Kejuruan-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

The aim of this research was to determine the contribution of creativity and prakerin performance toward the result of uji kompetensi keahlian at XII class SMK Tulungagung. The design of the study using a quantitative approach. The sampel used are as many as 169 students. Data collection for creativity trick is using questionnaire, variabel prakerin performance anda resutl of  uji Kompetensi keahlian using value documentation. Data anaysis included descriptive and regression. The result showed that: (1) the contributtion of creativity trick towards result of uji kompetensi keahlian by 21%; (2) the contributtion of prakerin performance toward result of uji kompetensi keahlian by 36,5%; (3) the contributtion creativity trick and prakerin performance toward result of uji kompetensi keahlian by 42,3% students TKJ at SMK Tulungagung.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi antara daya kreativitas dan kinerja prakerin terhadap hasil uji kompetensi keahlian siswa kelas XII di SMK se-Tulungagung. Rancangan penelitian menggukanan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 169 siswa. Pengumpulan data variabel daya kreativitas menggunakan angket, sedangkan untuk variabel kinerja prakerin dan hasil uji kompetensi keahlian dengan dokumentasi nilai. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan (1) kontribusi daya kreativitas terhadap hasil uji kompetensi keahlian sebesar 21%; (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara kinerja prakerin sebesar 36,5% terhadap hasil uji kompetensi keahlian; dan (3) kontribusi daya kreativitas dan kinerja prakerin sebesar 42,3% terhadap terhadap hasil uji kompetensi keahlian siswa kelas XII paket keahlian TKJ di SMK Se-Tulungagung.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...