Penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan pelafalan nada dalam Bahasa Mandarin oleh Siswa/I SMA Kelas X Perguruan Buddhis Bodhicitta Medan dan menguraikan faktor penyebab kesalahan pelafalan nadanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 10 orang siswa/I SMA kelas X Perguruan Buddhis Bodhicitta Medan. Teknik pengambilan subjeknya menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah teknik elisitasi dan wawancara mendalam (in-depth interview). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya 3 variasi kesalahan pelafalan setiap nada dengan jumlah keseluruhannya yakni 243 kesalahan pelafalan nada yang dilakukan oleh subjek penelitian yang urutan kesalahan pelafalan nada terbanyak dimulai dari pelafalan nada keempat, nada kedua, nada ketiga dan yang terakhir nada pertama. Adapun 3 faktor penyebab kesalahan pelafalan nada dalam Bahasa Mandarin yaitu Interlingual Transfer, Intralingual Transfer dan Context of Learning.
Copyrights © 2024