Penelitian ini menyajikan analisis mendalam mengenai efektivitas Model Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Melalui kombinasi observasi kelas dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran, penelitian ini mengidentifikasi dampak positif PBL terhadap pemahaman siswa terhadap konsep-konsep bahasa. PBL memberikan konteks pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, memotivasi mereka secara intrinsik untuk terlibat dalam proses belajar. Proses pemecahan masalah dalam PBL mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa, yang tercermin dalam solusi-solusi inovatif yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL efektif dalam mengintegrasikan kompetensi berbahasa secara holistik, menciptakan lingkungan kolaboratif yang memperkuat keterampilan sosial siswa. Evaluasi berbasis kinerja dalam PBL memberikan gambaran holistik tentang kemampuan siswa, memastikan bahwa penilaian tidak hanya memperhatikan pemahaman konsep, tetapi juga kemampuan siswa dalam mengaplikasikannya dalam konteks kehidupan nyata. Penelitian ini memberikan pandangan holistik tentang kontribusi PBL dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia, menginformasikan pemangku kepentingan pendidikan, guru, dan peneliti untuk memperkaya praktik pembelajaran dan merancang kebijakan pendidikan yang lebih inovatif dan efektif.
Copyrights © 2024