Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif siswa dan mengintegrasikan pemahaman konsep dengan pengalaman praktis dalam konteks proyek nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar siswa ditingkat sekolah menengah. Melalui pendekatan kualitatif dan eksperimental, penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus pembelajaran yang menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek. Tahap pertama melibatkan perencanaan dan implementasi pembelajaran berbasis proyek dengan fokus pada materi Teks Tanggapan dan Menulis Teks Tanggapan. Hasil dari siklus pertama menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa dari pre tes ke post tes, meskipun masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti manajemen kelompok dan partisipasi aktif siswa dalam diskusi. Tahap kedua dilakukan dengan memperbaiki aspek-aspek yang ditemukan dalam evaluasi siklus pertama. Perubahan dilakukan dalam pembagian kelompok, pendekatan pembelajaran, dan peningkatan partisipasi siswa. Hasil dari siklus kedua menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dalam hasil belajar siswa. Dengan memperhatikan aspek-aspek tertentu, seperti manajemen kelompok dan pendekatan pembelajaran, metode ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan
Copyrights © 2024