Mengeksplorasi dan menganalisis dampak penerapan Pendekatan Project Based Learning (PBL) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Kisaran. Metode PBL diimplementasikan sebagai strategi pembelajaran untuk memperkuat keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi siswa. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII sebagai subjek penelitian dan menggunakan desain penelitian eksperimental pre-post dengan kelompok kontrol. Instrumen penelitian meliputi tes prestasi, observasi kelas, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan PBL mengalami peningkatan prestasi belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, partisipasi aktif siswa dalam proyek kolaboratif meningkat, menunjukkan bahwa PBL tidak hanya berdampak pada pencapaian akademis, tetapi juga pada pengembangan keterampilan sosial. Implikasi penelitian ini memberikan landasan bagi pengembangan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat menengah, khususnya dalam konteks SMP Negeri 3 Kisaran.
Copyrights © 2024