Modal sosial juga tercermin dalam kepercayaan yang dibangun antara penjual dan pembeli. Penjual yang memiliki reputasi baik, terutama dalam hal kualitas barang dan kejujuran dalam mendeskripsikan kondisi barang, dapat membangun kepercayaan di antara konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan, jaringan dan norma-norma yang dibangun pedagang thrifting online di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitiannya adalah 5 orang pengusaha thrifting online di sekitaran Marpoyan Damai Pekanbaru. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Kepercayaan yang dibangun oleh pedagang thrifting online di Kecamatan Marpoyan Damai merupakan elemen kunci dalam membangun hubungan yang solid dalam komunitas thrifting online yang dibangun melalui interaksi yang konsisten, transparansi dalam proses penjualan, dan pelayanan pelanggan yang responsif dan ramah. Jaringan yang dibangun oleh pedagang thrifting online di Kecamatan Marpoyan Damai merupakan fondasi dari komunitas thrifting online. Para pelanggan dan pedagang membentuk jaringan yang saling terhubung melalui platform online seperti media sosial dan aplikasi e-commerce. Norma-norma yang dibangun oleh pedagang thrifting online di Kecamatan Marpoyan Damai sosial juga memainkan peran penting dalam memperkuat jaringan komunitas thrifting online.
Copyrights © 2024