NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 10, No 10 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH METODE SNOWBALL THROWING PADA MATAPELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Nova, Andi (Unknown)
Saleh, Bahrum (Unknown)
Annisa Sitorus, Astri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk dapat memberikan dukungan terhadap penelitian sejenis yang telah diadakan pada sebelumnya. Selain itu juga diharapkan untuk memperkarya hasil penelitian dan pengembangan ilmu khususnya untuk dunia pendidikan di lingkungan sekolah mengenai fasilitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang lebih menggunakan analisis data berupa numerik (angka) yang selanjutnya dianalisis menggunakan metode statistik yang sesuai. Dimana penelitian ini meliputi data hasil penelitian terkait pengaruh pada variable satu (Fasilitas Pembelajaran) dengan variable dua (Prestasi Belajar Pesereta Didik) yang selanjutnya akan diolah menggunakan SPSS. Berdasarkan data yang didapatkan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh Snowball Throwing terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Pandan. Hal tersebut terbukti dengan adanya hasil hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansinya pengaruh Snowball Throwing terhadap Motivasi belajar sebesar 0,640 0,05. variabel dependen memiliki nilai sig yang lebih dari 0,05 yang artinya ada terdapat pengaruh Snowball Throwing terhadap prestasi belajatr peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Pandan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...