NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 10, No 9 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

STRATEGI PEMASARAN GRUP LUWES DI KARESIDENAN SURAKARTA

Nugroho, Basuki (Unknown)
Nany, Magdalena (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan strategi pemasaran yang dapat diterapkan bagi Luwes Grup. Berdasarkan pada hasil analisis SWOT, Luwes Grup memiliki kekuatan (loyalitas pelanggan, citra produk, variasi produk, pelayanan konsumen, lokasi perusahaan) dan peluang (pertumbuhan pasar, perubahan selera konsumen, fluktuasi mata uang asing, brand image produk yang sangat baik, permintaan relatif tinggi) yang besar, sedangkan kelemahan (kemampuan manajerial, pengembangan SDM) dan ancaman (pesaing baru, ukuran pasar) yang rendah. Hal ini berarti Luwes Grup memiliki peluang bisnis yang cukup prospektif. Berdasarkan pada hasil matrik daya tarik industri, nilai tertimbang bagi variabel internal (loyalitas pelanggan, citra produk, variasi produk, pelayanan konsumen, lokasi perusahaan, kemampuan manajerial, pengembangan SDM, kebijakan harga, saluran distribusi) terletak pada sumbu  vertikal tinggi dan nilai tertimbang bagi indikator variabel eksternalnya (pertumbuhan pasar, daya beli konsumen, ukuran pasar, perkembangan teknologi, persaingan harga dan promosi, pesaing baru, perubahan selera konsumen, barometer perekonomian) juga terletak pada sumbu harisontal tinggi, sehingga posisinya tinggi. Dengan menggunakan matriks SWOT dan matrik MDTI, alternatif strategi yang diusulkan yaitu strategi konsentrasi dan strategi perluasan pasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...