Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan strategi pemasaran yang dapat diterapkan bagi Luwes Grup. Berdasarkan pada hasil analisis SWOT, Luwes Grup memiliki kekuatan (loyalitas pelanggan, citra produk, variasi produk, pelayanan konsumen, lokasi perusahaan) dan peluang (pertumbuhan pasar, perubahan selera konsumen, fluktuasi mata uang asing, brand image produk yang sangat baik, permintaan relatif tinggi) yang besar, sedangkan kelemahan (kemampuan manajerial, pengembangan SDM) dan ancaman (pesaing baru, ukuran pasar) yang rendah. Hal ini berarti Luwes Grup memiliki peluang bisnis yang cukup prospektif. Berdasarkan pada hasil matrik daya tarik industri, nilai tertimbang bagi variabel internal (loyalitas pelanggan, citra produk, variasi produk, pelayanan konsumen, lokasi perusahaan, kemampuan manajerial, pengembangan SDM, kebijakan harga, saluran distribusi) terletak pada sumbu vertikal tinggi dan nilai tertimbang bagi indikator variabel eksternalnya (pertumbuhan pasar, daya beli konsumen, ukuran pasar, perkembangan teknologi, persaingan harga dan promosi, pesaing baru, perubahan selera konsumen, barometer perekonomian) juga terletak pada sumbu harisontal tinggi, sehingga posisinya tinggi. Dengan menggunakan matriks SWOT dan matrik MDTI, alternatif strategi yang diusulkan yaitu strategi konsentrasi dan strategi perluasan pasar.
Copyrights © 2023