Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Apakah pemberian penguatan memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. (2)   Bagaimana pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas V dan VI di  SD Negeri 081232 Sibolga. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 37 reponden. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara dan penyebaran instrumen penelitian (angket). Pada instrumen penelitian dilakukan validitas dan reliabiitas. Hasil uji validitas diperoleh seluruh item lebih besar dari rtabel pada taraf 5%, yaitu 0,325, maka instrumen penelitian dinyatakan valid. Pada uji reliabilitas diperoleh hasil Cronbach's Alpha 0,767 dan 0,800 0,600 dengan kategori tinggi dan kuesioner dapat dinyatakan reliabel atau memiliki konsistensi. Hasil uji normalitas varibel X dan Y 0,085 dan 0,200 0,05 pada Kolmogorov-Smirnov dan 0,059 dan 0,452 0,05 pada Shapiro Wilkdan dapat dinyatakan normal. Hasil uji linieritas diperoleh hasi 0,892 0,05 dapat dinyatakan linier (terdapat hubungan yang linier antara variabel bebas dengan variabel terikat). Uji hipotesis menggunakan korelasi statistik product moment diperoleh hasil 0,446 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa pemberian penguatan memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa SD Negeri 081232 Sibolga dan hipotesis yang diajukan dapat diterima.
Copyrights © 2023