Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur efektivitas penggunaan alat peraga matematika di dalam pembelajaran untuk meningkatkan pola berpikir kritis siswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara. Subjek wawancara yang berkompeten di bidang matematika dan terakreditasi karena telah menyelesaikan studi hingga gelar S1 di bidang pendidikan matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam proses pembelajaran matematika penggunaan alat peraga matematika akan meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa. Hal ini berkesinambungan dengan tujuan yang ingin dicapai di dalam penelitian yaitu ketika hasil belajar meningkat berarti pemahaman dan penguasaan materi mengalami peningkatan, dan ketika pemahaman dan penguasaan materi meningkat berarti kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan juga, ini disebabkan oleh untuk memahami teori abstrak matematika yang divisualisasikan melalui alat peraga matematika memerlukan kemampuan berpikir kritis yang mumpuni.
Copyrights © 2025