Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan ShopeePayLater oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial ketika melakukan transaksi belanja Online di platform Shopee. Shopee telah menghadirkan sejumlah fitur ShopeePayLater dalam aplikasi belanja Online. Fenomena kemajuan dalam pengalaman berbelanja Online yang diperbarui dengan fasilitas yang disediakan telah mendorong mahasiswa untuk memilih opsi pinjaman uang saat berbelanja. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan ShopeePayLater oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk aspek ekonomi, desakan kebutuhan, pertimbangan waktu, lokasi dan cuaca, daya tarik tawaran voucher dan diskon singkat. Kebanyakan barang yang dibeli oleh mahasiswa saat menggunakan ShopeePayLater didasarkan pada keinginan pribadi dan mengikuti tren fashion atau produk terkini. Penelitian ini menerapkan teori konsumerisme Jean Baudrillard untuk menyimpulkan bahwa mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, saat menggunakan ShopeePayLater untuk belanja Online, lebih dipengaruhi oleh dorongan keinginan dan hasrat semata.
Copyrights © 2024