NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 12, No 7 (2025): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH MEDIA SOSIAL, BRAND AWARNESS DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BURGER BANGOR ISKANDAR MUDA

Driyani BR Sinulingga, Elpi (Unknown)
Harianto, Harianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari bagaimana media sosial, kesadaran merek, dan fasilitas Burger Bangor Iskandar Muda dapat memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli barang. Dalam era internet yang semakin berkembang ini, media sosial memainkan peran penting dalam promosi dan komunikasi, yang dapat memengaruhi persepsi dan minat pembeli konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini akan menyelidiki seberapa efektif media sosial dalam mendorong konsumen untuk membuat keputusan untuk membeli barang. Dalam penelitian ini, populasi adalah semua pelanggan atau pengunjung yang melakukan pembelian di Burger Bangor di Jalan Iskandar Muda Medan. Dengan nilai konstanta α = 1.647, kita dapat mengetahui bahwa fasilitas, persepsi merek, dan media sosial dapat meningkatkan keputusan pembelian dengan meningkatkan atau bernilai 0 (nol), sehingga keputusan pembelian 1.647 satuan. Jika ada kebijakan yang meningkatkan keyakinan merek sebesar satu satuan, nilai regresi akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,289 satuan, nilai regresi akan meningkatkan keyakinan merek sebesar 0,782 satuan, dan nilai regresi akan meningkatkan keyakinan fasilitas sebesar 0,285 satuan. Hasil uji determinasi telah diketahui; perolehan nilai kotak R yang disesuaikan 0,959 dikenal sebagai koefisien determinasi, yang menunjukkan bahwa 0,959 (95,9%) keputusan pembelian dapat diperoleh dan dipengaruhi oleh fasilitas, kepercayaan merek, dan media sosial. Variabel di luar model yang tidak diteliti menyumbang 4,1% dari total.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...