Sayuran yang merupakan tanaman hortikultura, memiliki nilai komersial yang cukup tinggi. Sebab tanaman sayuran merupakan produk pertanian yang senantiasa dikonsumsi setiap hari. Perilaku konsumen dalam membeli sayuran sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu pasar. Hypermart merupakan jenis pasar modern yang memiliki banyak kebutuhan. Hypermart ini dapat menerapkan one stop one shopping karena lokasinya berada di dalam mall. Tujuan penelitian ini untuk: (1) menganalisis perilaku konsumen sayur di pasar modern Hypermart kota jakarta selatan, (2) menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli sayuran di pasar modern Hypermart kota jakarta selatan. Metode yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menjadikan informan dan informan kunci sebagai teknil pengambilan sampel. Penelitian ini menggunakan 2 jenis data. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data skunder. Sumber data primer merupakan konsumen yang berada dilokasi dan staff Hypermart. sedangkan sumber data skunder merupakan hasil gambaran lokasi yang akan dijadikan sebagai informasi tambahan. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, triangulasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini konsumen sangat mementingkan kualitas sayur dan melakukan proses dalam pembelian sayuran di Hypermart.
Copyrights © 2024