Untuk menjawab tantangan dan dinamika lingkungan bisnis yang berubah, salah satu perusahaan energi di Indonesia melakukan perpindahan sebagian kantor dari Surabaya ke Jakarta untuk mempertahankan eksistensi perusahaan. Perpindahan ini berdampak pada perubahan cara berkomunikasi internal sebelum dan sesudah dilakukannya perpindahan sebagian kantor yang akan memberikan dampak terhadap kelangsungan dan tujuan strategis perusahaan. Komunikasi merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari berbagai aspek kegiatan di dalam perusahaan. Setiap kegiatan yang terjadi dibutuhkan komunikasi sebagai sarana untuk menyampaikan pesan, ide, dan pertukaran informasi antar individu atau kelompok agar tercapainya suatu pemahaman bersama dan peningkatan produktivitas. Dalam penelitian kali ini, penulis menggunakan metode penelitian secara kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi untuk mengetahui bentuk komunikasi yang dilakukan oleh setiap individu dimana komunikasi internal perlu didukung dari keterlibatan setiap tim. Komunikasi internal yang dilakukan secara jarak jauh membutuhkan teknologi yang mendorong pencapaian komunikasi internal secara tepat waktu sehingga produktivitas tim terjaga.
Copyrights © 2025