Penelitian ini berjudul “Pesona Figur Perempuan sebagai Strategi dalam Menarik Pembelian Konsumen di Kecamatan Pancur Batu kabupaten Deli Serdang” latar belakang penelitian ini diangkat karena melihat fenomena penggunaan figur perempuan dalam strategi pemasaran yang dianggap perempuan mampu meningkatkan minat beli dari konsumen. penelitian ini bertujuan mengetahui faktor – faktor yang melatarbelakangi perempuan dijadikan sebagai objek daya tarik penjualan produk, serta menganalisis bagaimana pesona figur perempuan berperan dalam strategi menarik perhatian konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi mengumpulkan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, dan catatan lapangan yang kemudian dianalisis menggunakan model Spradley melalui analisis domain, taksonomi, dan kompensional. Hasil penenlitian menunjukkan bahwasanya perempuan dijadikan sebagai strategi pemasaran karena dianggap memiliki daya tarik visual, sikap, serta keterampilan komunikasi, yang mampu memciptakan kenyamanan dan kedekatan emsosional dengan konsumen. Teori yang digunakan adalah teori Kapitalisme gender Nancy Fraser yang memperlihatkan bagaimana tubuh perempuan sebagai komoditas ekonomi.
Copyrights © 2025