NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 12, No 8 (2025): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENDIDIKAN YANG MEMERDEKAKAN MENURUT IMMANUEL KANT

Kusmaryanto, CB. (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pendidikan yang sudah ada sampai sekarang dengan memberikan alternatif baru mengenai pendidikan yang memerdekakan seturut inspirasi dari Immanuel Kant dalam hal otonomi. Kant berbicara mengenai perbuatanyang heteronome dan perbuatan yang otonom. Ia juga menggarisbawahi bahwa manusia itu adalah makluk yang berakal budi dan bebas sehingga bisa bertindak otonom. Tindakan otonom inilah yangg menjadi tujuan dari pendidikan yang baik sehingga out put pendidikan ialah menciptakan subyek yang berbuat oleh karena hal itu baik untuk dibuat dan tidak berbuat oleh karena itu tidak baik untuk dibuat. Tindakan itu bukan oleh karena petintah dari luar dirinya sendiri tetapi keluar dari kesadaran diri sendiri. Untuk itu maka pendidikan dicapai tidak dengan menakut-nakuti atau memerintahkan tetapi dengan memberi tahu dan mengembangkan  kemampuan otonomi dan kebebasannya. Untuk sampai pada hal itu, diperlukan pendidikan tentang nilai, hirarkhi nilai, internalisasi nilai, dan pendidikan kebebasan. Diharapkan bahwa out put dari pendidikan model itu akan memerdekakan peserta didik dalam bertindak dan menjadikannnya manusia yang otonom dan bertanggungjawab.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...