NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 10, No 7 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PENINGKATAN PERSEPSI DAN MOTIVASI SISWA DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI EKSPERIMEN DI SMP NEGERI B SRIKATON KAB. MUSI RAWAS)

Novalia, Yefni (Unknown)
Hartini, Hartini (Unknown)
Rini, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2023

Abstract

Proses layanan bimbingan dan konseling belum dimanfaatkan secara optimal kepada semua siswa. Hal ini karena siswa yang datang ke ruang bimbingan konseling hanya siswa yang dipanggil saja dan siswa yang direkomendasikan oleh guru mata pelajaran atau wali kelas. Banyak siswa yang enggan memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling secara sukarela. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, diantaranya kurang berjalan atau kurang optimalnya pemberian layanan informasi yang diberikan oleh guru pembimbing kepada semua siswa terkait apa dan bagaimana seharusnya bimbingan konseling itu sendiri, persepsi siswa terhadap bimbingan dan konseling serta motivasi siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh layanan informasi terhadap peningkatan persepsi dan motivasi siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri B Srikaton.     Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik penelitian pre eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN B Srikaton terdiri 7 kelas yang berjumlah 243 siswa. Dalam penelitian ini jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael, dengan tingkat kesalahan 15%. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan analisis data menggunakan paired sample t-test. Menurut hasil penelitian, skor rata-rata pretest persepsi sebesar 31,97 meningkat menjadi 97,19 pada skor posttest. Dan pada pretest motivasi sebesar 29,75 meningkat menjadi 68,91 pada skor posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan t-test pasangan dengan taraf signifikansi 0,05 (5 %), dan ditemukan bahwa Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, yang berarti bahwa nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa persepsi dan motivasi siswa untuk menggunakan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri B Srikaton pada tahun pelajaran 2021/2022 telah meningkat sebagai hasil dari layanan informasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...