Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Komik Digital Berbasis Articial Intelegence Untuk Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama: Analisis Kebutuhan

Sri Umi Lestari (Unknown)
Syarifuddin (Unknown)
Nurhasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat urgensi dikembangkannya sebuah media pembelajaran PAI di tingkat Sekolah Menengah Pertama, sebagai jawaban dari adaptasi pembelajaran akan perkembangan zaman yang semakin canggih. Di era digital penggunaan media sudah tentu menjadi sebuah kewajiban dengan ragam macam kecanggihannya membuat guru mampu mengembangkan banyak media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan seperti komik digital berbasis AI. Minat belajar siswa yang rendah dan minimnya media inovatif menjadi sorotan utama menjadi dasar peneliti untuk melakukan penelitian ini. Dengan metode deskriptif kuantitatif, peneliti melakukan analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap komik digital berbasis Kecerdasan Buatan (AI). Data dari angket 30 siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Sekayu, dilengkapi wawancara guru, menjadi kunci temuan. Hasilnya tim peneliti mendapati Sebuah gambaran yang jelas: 77,3% siswa kesulitan memahami PAI, dan hanya 39% yang merasa media saat ini efektif. Namun, ada secercah harapan besar: 82,8% siswa menunjukkan ketertarikan luar biasa pada komik digital Ini adalah indikasi kuat bahwa komik digital bertenaga AI bisa menjadi jembatan untuk mengubah PAI dari mata pelajaran yang kurang diminati (hanya 35% ketertarikan siswa) menjadi pengalaman belajar yang dinamis, efektif, dan holistik dalam membentuk karakter generasi digital. Temuan ini mengindikasikan adanya kesenjangan antara media yang digunakan saat ini dengan karakteristik peserta didik di era digital saat ini. Penggunaan media konvensional belum mampu menjawab kebutuhan peserta didik dalam memahami dan menginternalisasi materi PAI. Hal ini merupakan tantangan serius yang perlu di atasi. Tingginya minat siswa terhadap komik digital memberi harapan besar untuk keterlibaan siswa secara emosional, kognitif maupun visual. Dengan demikian, pengembangan komik digital berbasis AI bukan lagi pilihan, melainkan sebuah keniscayaan dalam menghadirkan pembelajaran agama yang menarik dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...