Kegiatan pengabdian ini membahas pemanfaatan teknologi digital, khususnya platform Educaplay, dalam kegiatan Asistensi Mengajar Program MBKM di SD Islam Hasanka Palangka Raya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab melalui penggunaan media interaktif berbasis digital yang mampu menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang menekankan pada kolaborasi antara mahasiswa, guru, dan siswa dalam seluruh proses pelaksanaan. Kegiatan Asistensi Mengajar ini melibatkan 23 siswa kelas 1 (Ibnu Khaldun). Media Educaplay digunakan dalam bentuk permainan edukatif seperti kuis dan teka-teki interaktif yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan partisipasi, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Arab. Siswa menjadi lebih antusias dan aktif karena pembelajaran disajikan melalui media yang dekat dengan dunia digital mereka. Selain itu, mahasiswa asisten memperoleh pengalaman pedagogis dan literasi digital yang lebih baik. Dengan demikian, penggunaan Educaplay terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran abad ke-21 yang menuntut kreativitas, kolaborasi, serta kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merekomendasikan penerapan media digital interaktif serupa di sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan dasar di era digital.
Copyrights © 2025