Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

KLASTERISASI HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Latifa, Nahdiatul (Unknown)
Pratama, David (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Di era saat ini, dua keterampilan penting yang harus dimiliki oleh seorang pelajar adalah komunikasi dan berpikir kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkategorikan keterampilan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif siswa, serta untuk menentukan hubungan di antara keduanya. Pendekatannya adalah kuantitatif, menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas X pada salah satu SMA Negeri di Karawang dan ukuran sampel yang digunakan sebanyak 82 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes berbasis uraian yang dirancang untuk menilai kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif. Data dianalisis menggunakan K-Means Clustering dan uji korelasi Rank Spearman untuk memeriksa hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap klaster ada hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif siswa, tetapi tidak signifikan secara statistik. Sebaliknya, pada keseluruhan sampel, terdapat hubungan positif antara kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif di antara siswa. Dengan demikian, hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif siswa signifikan pada keseluruhan sampel, tetapi tidak pada setiap klasternya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...