Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

HUBUNGAN STRATEGI COPING STRESS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Widyaningtyas, Cintya Hana (Unknown)
Pratama, David (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Matematika sering kali menjadi salah satu mata pelajaran yang menimbulkan stres bagi siswa karena sifatnya yang abstrak dan menuntut kemampuan berpikir logis tinggi. Dalam menghadapi tekanan belajar tersebut, setiap siswa memiliki strategi coping stress yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi coping stress terhadap hasil belajar matematika siswa serta mengetahui strategi coping stress yang paling dominan digunakan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.4, X.7, dan X.8 SMA Negeri 2 Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 102 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, diperoleh 71 siswa dengan kriteria memiliki nilai matematika di bawah KKM. Data dari siswa tersebut dianalisis berdasarkan strategi coping stress yang digunakan. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket strategi coping stress berdasarkan teori Lazarus dan Folkman, serta dokumentasi nilai Penilaian Akhir Semester (PAS) matematika. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara strategi coping stress terhadap hasil belajar matematika siswa, dengan nilai signifikansi 0,722 dan koefisien korelasi -0,043, dan (2) mayoritas siswa (61%) menggunakan strategi emotion-focused coping, sedangkan (39%) menggunakan problem-focused coping.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...