Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis E-Comic pada materi sistem pencernaan manusia bagi peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar peserta didik terhadap IPA, yang dipengaruhi oleh dominasi metode konvensional dan keterbatasan media digital yang menarik. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui validasi dari ahli, angket kepraktisan yang diisi guru dan peserta didik, serta tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Comic IPA yang dikembangkan memiliki validitas 0,91 (sangat valid), kepraktisan guru 0,91 (sangat tinggi), kepraktisan peserta didik 0,90 (sangat tinggi), serta efektivitas 0,78 (kategori tinggi). Dengan demikian, media E-Comic IPA terbukti layak digunakan sebagai sarana pembelajaran interaktif yang menarik dan efektif.
Copyrights © 2025