JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis E-Comic Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs

Raza, Fachri (Unknown)
Diliarosta, Skunda (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis E-Comic pada materi sistem pencernaan manusia bagi peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar peserta didik terhadap IPA, yang dipengaruhi oleh dominasi metode konvensional dan keterbatasan media digital yang menarik. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui validasi dari ahli, angket kepraktisan yang diisi guru dan peserta didik, serta tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Comic IPA yang dikembangkan memiliki validitas 0,91 (sangat valid), kepraktisan guru 0,91 (sangat tinggi), kepraktisan peserta didik 0,90 (sangat tinggi), serta efektivitas 0,78 (kategori tinggi). Dengan demikian, media E-Comic IPA terbukti layak digunakan sebagai sarana pembelajaran interaktif yang menarik dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...