Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode Window Shopping dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Nggusuwaru Bima semester II. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa yang disebabkan oleh pembelajaran konvensional yang monoton dan pasif. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode ini diimplementasikan dalam tiga kali pertemuan. Siswa bagian menjadi lima kelompok, termasuk lima orang guru PAUD yang juga menjadi siswa aktif. Setiap kelompok ditugaskan untuk membuat materi visual yang kemudian dipamerkan. Mahasiswa lain bergiliran mengunjungi pameran tersebut untuk berinteraksi dan mengumpulkan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Window Shopping mempunyai dampak positif yang signifikan. Siswa menjadi lebih aktif, tepat waktu, dan antusias. Suasana kelas berubah menjadi dinamis, interaktif, dan kolaboratif, yang secara substansial meningkatkan motivasi belajar. Selain itu, metode ini juga memperkuat keterampilan sosial, komunikasi, dan kerja sama siswa. Peran dosen sebagai fasilitator juga ikut mendorong iklim belajar yang lebih terbuka. Dengan demikian, Window Shopping dinilai sebagai strategi pembelajaran inovatif yang efektif dan layak untuk dikembangkan.
Copyrights © 2025