Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMAK)
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi

Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Mengunakan Akad Mudharabah Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Simpang Patal Palembang

Fitri Rosalina (Unknown)
Choiriyah, Choiriyah (Unknown)
Fadilla, Fadilla (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini membahas strategi pemasaran produk Tabungan Haji berbasis akad Mudharabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Simpang Patal Palembang. Fokus penelitian diarahkan pada dua permasalahan utama, yaitu bagaimana strategi pemasaran produk Tabungan Haji dilaksanakan dan kendala apa saja yang dihadapi dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara sebagai sumber primer serta studi literatur dan informasi daring sebagai sumber sekunder. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk menggambarkan fenomena yang terjadi secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSI KCP Simpang Patal Palembang menerapkan strategi pemasaran menggunakan konsep bauran pemasaran (marketing mix), yang mencakup tiga komponen utama: strategi produk (product), strategi promosi (promotion), dan peran sumber daya manusia (people). Namun, pelaksanaan strategi ini menghadapi beberapa kendala, antara lain persaingan yang ketat, rendahnya pemahaman masyarakat terhadap produk, promosi yang belum optimal, serta keterbatasan kualitas dan jumlah sumber daya manusia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jebmak

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Journal Research of Economiy, Business, Management and Accounting Science published by CV. Picmotiv jointly with Pusat Riset dan Publikasi Ilmiah Nasional Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat & Kerjasama STEBIS IGM. This journal is also dedicated to provide an intellectual space of ...