EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 5 (2025): Oktober

Revitalisasi Nilai Islam Berkemajuan: AIK dan Manhaj Tarjih dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter dan Literasi Kritis

Hidayah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2025

Abstract

Dunia pendidikan menghadapi tantangan serius dalam pembentukan karakter dan penguatan literasi kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan menganalisis kontribusi pendekatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) serta Manhaj Tarjih dalam membangun karakter dan literasi kritis di lingkungan pendidikan Muhammadiyah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi pustaka dan analisis dokumentasi terhadap literatur AIK, Manhaj Tarjih, dan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tajdid, ijtihad, dan amar ma’ruf nahi munkar yang terkandung dalam AIK dan Manhaj Tarjih berperan penting dalam membentuk kejujuran, tanggung jawab, dan pola pikir kritis peserta didik. Integrasi kedua pendekatan tersebut memperkuat spiritualitas dan rasionalitas, memperluas wawasan intelektual, serta menumbuhkan kesadaran sosial yang lebih reflektif. Penerapan AIK dan Manhaj Tarjih juga berdampak pada penguatan budaya akademik yang berkeadaban dan kontekstual di perguruan tinggi Muhammadiyah. Revitalisasi nilai Islam berkemajuan melalui AIK dan Manhaj Tarjih berimplikasi pada lahirnya generasi religius, cerdas, dan adaptif terhadap dinamika global

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...