Jurnal Impresi Indonesia
Vol. 4 No. 11 (2025): Indonesian Impression Journal (JII)

Rekonstruksi Pemikiran Konstruktivisme dalam Era Kecerdasan Buatan: Refleksi Filsafat Pendidikan atas Pembentukan Kesadaran Manusia

Rofiatur Risqoh, Siti Chumaerotur (Unknown)
Khobir, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2025

Abstract

Perkembangan kecerdasan buatan (AI) telah menimbulkan pergeseran fundamental dalam paradigma pendidikan dan pembentukan kesadaran manusia. Artikel ini bertujuan untuk merekonstruksi kembali pemikiran konstruktivisme dalam konteks era digital yang didominasi teknologi AI. Melalui pendekatan filsafat pendidikan, penelitian ini menyoroti bagaimana prinsip konstruktivisme — yang menekankan pembentukan makna melalui pengalaman — dapat disinergikan dengan realitas baru di mana mesin turut berperan dalam proses belajar manusia. Metode penelitian yang digunakan ialah kajian literatur filosofis dengan pendekatan hermeneutik terhadap gagasan Piaget, Vygotsky, serta teori kesadaran modern. Hasil analisis menunjukkan bahwa konstruktivisme perlu direkontekstualisasi menjadi “konstruktivisme reflektif digital”, di mana manusia tidak hanya membangun pengetahuan, tetapi juga mengelola interaksi kognitif-emosional dengan kecerdasan buatan secara etis dan kritis. Temuan ini menegaskan pentingnya pendidikan yang menumbuhkan critical digital awareness agar manusia tetap menjadi subjek utama dalam arus otomatisasi pengetahuan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Jurnal Impresi Indonesia provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from management, economics, ...