Pola Busana Wanita merupakan salah satu mata pelajaran di SMK Tata Busana yang wajib karena menjadi dasar membuat busana.Kemajuan teknologi saat ini sangat pesat.Dunia pendidikan pun harus mengikuti perkembangan jaman.Perkembangan media pembelajaran dirasa sangat dibutuhkan untuk memudahkan guru menyampaikan materi.Tujuan penelitian ini adalah (1) Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan materi pola dasar badan atas sistem Warsaya iriantountuk siswa SMK, (2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakanMedia Pembelajaran Interaktif sebagai media pembelajaran pola dasar badan atas sistem Warsaya irianto, (3) Mengetahui keefektifan Media Pembelajaran Interaktif sebagai media pembelajaran pola dasar badan atas sistem Warsaya irianto. Metodologi penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini terbagi dalam tiga tahap penelitian, antara lain: (1) Studi Pendahuluan, (2) Tahap Pengembangan Media yang menggunakan desain penelitian R&D, dan (3) Tahap Ujicoba Media dengan desain penelitian eksperimen. Evaluasi kelayakan mediadinilai sangat baik oleh pakar mediadengan pencapaian 83%, sedangkan isi materi dinilai baik oleh guru dengan pencapaian 77%.Hasil belajar siswa saat pretest menunjukan kemampuan yang sama dengan rata-rata kelas kontrol adalah 37,68 sedangkan kelas eksperimen 36,17. Akan tetapi saat postest kelas ekperimen menunjukan peningkatan yang lebih baik dari kelas kontrol, di mana rata-rata postest kelas control hanya 57,86 sedangkan kelas eksperimen mencapai 67,22. Tanggapan siswa terhadap media ini pun sangat baik.Penelitian ini telah berhasil mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif dengan materi Pola Dasar Badan Atas Sistem Warsaya Irianto.Hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan dan yang tidak menggunakan Media Pembelajaran Interaktif menunjukan perbedaan.Pembelajaran dengan pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktiflebih baik dalam meninkatkan hasil belajar siswa.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif dalam pembelajaran Pola Dasar Badan Atas Sistem Warsaya Irianto di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Women Clothing patterns is one of the subjects in the compulsory vocational dressmaking as the basis for making clothing. Current technology advances very rapidly. The education must also follow the development of the era. The development of instructional media is needed to facilitate the teacher delivering the material. The purpose of this study is (1) To make Interactive Learning Media with archetypal material upper body of Irianto Warsaya system for vocational students, (2) To know the students' learning achievement after using the Interactive Learning Media as a media of learning archetypal upper body of Irianto Warsaya system, (3) To determine the effectiveness of Interactive Learning Media as a media of learning archetypal upper body of Irianto Warsaya system.The research methodology applied in this study is divided into three stages of research, those are: (1) Preliminary Studies, (2) Using the Media Development Stage R & D research design, and (3) Phase Trials Media with experimental research designs.Evaluate the feasibility of the media was rated excellent by media experts with the achievement of 83%, while the content of the material assessed by teachers with the achievement of 77%. Student learning outcomes at pretest showed the same ability to the control class average is 38.92 while the experimental class is 35.87. However, as posttest, experimental classes show better improvement than the control class, where the average of control class posttest is only 57.95 while the experimental class reaches 68.21. Student response to the media is also very good.From the analysis it can be concluded that the interactive learning media has been an effective and met the learning criteria in accordance with the procedures of creating and development media even it can increase students' motivation. This interactive learning media should be used as the learning of Top Body Basis Patterns of Warsaya Irianto in Vocational High School Education, further research should be conducted.
Copyrights © 2013