Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara
Vol. 1 No. 11 (2025): Menulis - November

Penggunaan Sistem Pembelajaran Daring Berbasis MODDLE Untuk Meningkatkan Proses Belajar Di STIKOM Tunas Bangsa

Yosi Anggraini Manurung (Unknown)
Azura Intan Pertiwi (Unknown)
Febi Sofia Azzura (Unknown)
Indra Gunawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet, telah mendorong perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk di perguruan tinggi. Salah satu bentuk penerapannya adalah penggunaan sistem e-learning berbasis Moodle sebagai sarana pendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi e-learning berbasis Moodle dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran di AMIK Stikom Tunas Bangsa Siantar, serta membandingkannya dengan metode pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi kualitatif dan kuantitatif, dengan melibatkan 43 mahasiswa semester 3 pada mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket terbuka dan tertutup, observasi, dokumentasi, serta tes untuk mengukur hasil belajar. Proses penelitian dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan (penyusunan RPS dan modul berbasis Moodle), tahap pelaksanaan (implementasi pembelajaran sinkronus dan asinkronus), dan tahap pelaporan (analisis hasil dan penyusunan artikel ilmiah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-learning berbasis Moodle memberikan sejumlah keunggulan dibandingkan metode konvensional, seperti peningkatan interaksi antara dosen dan mahasiswa, fleksibilitas waktu dan tempat belajar, kemudahan akses materi, serta kemudahan evaluasi pembelajaran secara daring. Selain itu, e-learning juga mendorong dosen untuk lebih kreatif dalam mengembangkan materi ajar digital dan meningkatkan kemampuan dalam pemanfaatan teknologi pendidikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi e-learning berbasis Moodle mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran di perguruan tinggi. Keberhasilan penerapannya tidak hanya bergantung pada kesiapan perangkat lunak, perangkat keras, dan jaringan internet, tetapi juga pada kompetensi dosen dalam mengelola sistem pembelajaran digital secara efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

menulis

Publisher

Subject

Other

Description

Menulis : Jurnal Penelitian Nusantara adalah jurnal multidisiplin yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang relevan dalam berbagai bidang ilmu, baik ilmu sosial, humaniora, sains, teknologi, hingga kajian budaya Nusantara. Jurnal ini menjadi wadah bagi akademisi, peneliti, dan ...