Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Work Based Learning (WBL) pada Program Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK Negeri 1 Padang. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kesenjangan antara kompetensi lulusan SMK dengan kebutuhan industri konstruksi yang menuntut keterampilan praktis, kolaboratif, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan responden terdiri dari siswa kelas XII TP.2024/2025, guru pembimbing, dan mitra industri. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi yang mencakup tiga aspek utama: Pembelajaran Kontekstual (kesiapan guru, kurikulum, dan fasilitas), Keterlibatan Dunia Industri (pelaksanaan pembelajaran dan keterlibatan industri), serta Dampak Work Based Learning (kompetensi siswa dan kepuasan mitra industri). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model WBL efektif meningkatkan kompetensi teknis dan nonteknis siswa serta memperkuat kemitraan antara sekolah dan dunia industri. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan kolaborasi kurikulum dan evaluasi berbasis industri untuk meningkatkan relevansi pendidikan vokasi terhadap kebutuhan dunia kerja.
Copyrights © 2025