Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas VII 2 SMP IT Nurul Hasan Sofifi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart.. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Nurul Hasan Sofifi, yang berjumlah 24 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan observasi yang telah diuji validitasnya dengan microsoft excel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya pendekatan pembelajaran matematika realistik dalam pembelajaran bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. eningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sebelum dilakukan tindakan ada 10 siswa atau 42% dari seluruh siswa mendapat ≥ 65. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik di siklus I, hasil tes menunjukkan bahwa ada 16 siswa atau 67,79% dari seluruh siswa yang mendapat ≥ 65. Demikian pula saat dilakukan perbaikan dengan perbaikan pada penggunaan alat peraga yang digunakan pada siklus II, dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat siswa kelas VII 2, ditandai ada 20 atau 83% anak dari seluruh mendapat nilai ≥ 65. Nilai rata-rata hasil tes meningkat, pada siklus I rata-rata nilai siswa 69, 79sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 70,69. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan penerapan PMR pada materi matematika lain dengan melibatkan media digital interaktif dan analisis lebih mendalam terhadap aspek berpikir kreatif serta motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2025