Jurnal Administrasi Publik (JAP)
Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Administrasi Publik (JAP)

Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Pencari Kerja (AK- 1) Di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Barito Selatan

setiawan, Cani Ayu Sapitri (Unknown)
setiawan, Sri Mujiarti Ulfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2021

Abstract

Kualitas pelayanan sangat dibutuhkan dalam proses pelayanan publik, disetiap daerah di Indonesia khususnya dikota-kota besar yang terdapat Dinas Tenaga Kerja. Kualitas pelayanan publik dimaksud untuk melihat tingkat baik buruknya taraf atau derajat suatu pelayanan kepada masyarakat. Dinas Tenaga Kerja merupakan instansi yang bertanggungjawab untuk menangani masalah pelayanan pembuatan kartu kuning (AK-1). Pembuatan kartu kuning ini yaitu dapat berfungsi untuk mendata jumlah para pencari kerja di Kota Buntok. Kartu tanda pencari kerja yang biasanya disebut juga kartu kuning adalah sebuah kartu yang digunakan untuk melamar pekerjaan disebuah perusahaan atau instansi baik negeri maupun swasta. Dalam penelitian yang mengangkat judul Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Pencari Kerja (Ak-1) di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Barito Selatan ini, penulis menggunakan teori untuk mengukur kualitas pelayanan yaitu Zeithaml dkk (1990), yang memiliki 5 indikator untuk melihat kualitas pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Barito Selatan, faktor - faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayanan dalam pembuatan Kartu Tanda Pencari Kerja. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Pelatihan Kerja Dan Penempatan Tenaga Kerja, Kepala Seksi Informasi Pasar Kerja, petugas pelayanan bagian pembuatan Kartu Kuning (AK1), serta masyarakat yang menerima pelayanan kartu kuning. Pada teknik analisis data, peneliti menggunakan 4 (empat) teknik, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Barito Selatan sudah berjalan dengan baik. Namun respon pegawai masih kurang dalam pemberian informasi kepada pelanggan. Faktor penghambat dalam proses pelayanan pembuatan kartu kuning AK-1 pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Barito Selatan yaitu mati listrik dan jaringan internet yang kadang bermasalah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAP

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian konseptual dibidang ilmu administrasi publik, artikel telaah (review artikel) di muat atas undangan Jurusan Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Palangka ...