JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
Vol 7 No 2 (2020): JURNAL MITRA SWARA GANESHA

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Media Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar (SD)




Article Info

Publish Date
23 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran CTL dan media video pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil pada siklus I menunjukan bahwa siswa yang mengalami ketuntasan menjadi 8 siswa dengan ketuntasan klasikal 25%, aktivitas guru digolongkan pada kategori cukup dengan nilai 47, dan aktivitas siswa digolongkan pada kategori kurang 54,54%. Hasil pada siklus II menunjukan bahwa siswa yang mengalami ketuntasan menjadi 22 siswa dengan ketuntasan klasikal 68,75%, aktivitas guru digolongkan pada kategori baik dengan nilai 61, dan aktivitas siswa digolongkan pada kategori cukup dengan persentase 65,90%. Hasil pada siklus III menunjukan bahwa siswa yang mengalami ketuntasan menjadi 27 siswa dengan ketuntasan klasikal 84,37%, aktivitas guru digolongkan pada kategori baik dengan nilai 69, dan aktivitas siswa digolongkan pada kategori baik dengan persentase 81,81%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran CTL dan media video dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa SD. Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Media Video, Hasil Belajar IPA

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMSG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini secara khusus memfokuskan pada permasalahan utama dalam pengembangan ilmu-ilmu Pendidikan sebagai berikut: 1. Metode Pembelajaran 2. Model Pembelajaran 3. Media Pembelajaran 4. Perkembangan belajar peserta didik anak usia ...