Pembelajaran di tengah pandemi COVID 19 ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru, siswa, danjuga orang tua. Pembelajaran yang tidak dilakukan secara tatap muka menjadikan siswa dituntut untukbelajar mandiri. Belajar mandiri yang terkesan dipaksakan membuat siswa cepat merasa bosan danlambat laun pembelajaran virtual menjadi enggan dilakukan siswa. Diperlukan latihan untukmenumbuhkan proses kemandirian belajar siswa yakni melalui disiplin positif. Pembelajaran daringadalah lebih parktis dan santai. Praktis karena dapat memberikan tugas setiap saat dan pelaporan tugassetiap saat.Kedua, lebih fleksibel bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Pembelajaran daringmenyebabkan waktu yang lebih fleksibel bagi wali yang bekerja di luar rumah dan bisa menyesuaikanwaktu untuk mendampingi siswa belajar. Kelemahan dalam pembelajaran daring adalah kurangmaksimalnya keterlibatan siswa. Keterlibatan siswa yang dimaksud dapat dilihatdari hasil keterlibatansiswa dalam mengikuti pembelajaran daring secara penuh dari awal pembelajaran sampai akhirpembelajaran.Kata Kunci : Evaluasi Pembelaran, Pembelajaran Daring
Copyrights © 2021