JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
Vol 9 No 2 (2022): JURNAL MITRA SWARA GANESHA

FILSAFAT HUMANISME DAN IMPLIKASINYA DALAM KONSEP MERDEKA BELAJAR




Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Konsep merdeka belajar sesungguhnya telah dicetuskan sejak dahulu oleh Ki Hadjar Dewantara dengan pendapatnya yang menjelaskan bahwa merdeka belajar merupakan konsep tentang pendidikan yang yang didasarkan pada asas kemanusiaan. Menurutnya mendidik adalah proses memanusiakan manusia, sehingga bakat dan minat peserta didik bisa mengalami perkembangan baik. Karena filsafat merupakan keseluruhan kerangka konseptual bagi manusia, maka konsep pendidikan dapat dijelaskan sebagai implementasi pemikiran filosofis, jika pelaku pendidikan mempertimbangkan aspek filosofis sebagai dasar penciptaannya, sehingga implementasi konsep merdeka belajar dapat terlaksana secara tepat. Merdeka belajar merupakan sebuah konsep yang dalam pandangan filsafat humanisme lebih mempertimbangkan kebebasan peserta didik untuk memilih dan mengelola pengalaman belajarnya. Fokus merdeka belajar adalah sebuah konsep yang memberikan pengalaman secara langsung dalam kegiatan pembelajaran, yang memungkinkan peserta didik menjadi individu yang unik sesuai apa yang dimiliki. Tujuan pendidikan adalah menggunakan apa yang telah diperoleh peserta didik dalam pembelajaran dan menciptakan hal-hal yang baik bagi orang lain. Kata Kunci: Filsafat Humanisme, Implikasi, Konsep Merdeka Belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMSG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini secara khusus memfokuskan pada permasalahan utama dalam pengembangan ilmu-ilmu Pendidikan sebagai berikut: 1. Metode Pembelajaran 2. Model Pembelajaran 3. Media Pembelajaran 4. Perkembangan belajar peserta didik anak usia ...