Al-Katib
Vol. 1 No. 2 (2024): Desember 2024

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Qiroah di MTsN 4 Sidoarjo

Aisah, Taulinsia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penenelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif. Tujuan peneleitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Qiroah. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 7 B MTsN 4 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data berupa wawancara terhadap guru bahasa Arab siswa kelas 8 MTsN 4 Sidoarjo, Observasi mendalam serta dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) proses perencanaan pembelajaran dengan menyiapkan modul ajar, bahan ajar dan sumer ajar, 2) proses penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran maharah Qiro’ah di kelas 7 B MtsN 4 Sidoarjo sudah dilaksanakan dengan baik, mulai dari pendahuluan, kegiatan inti, maupu kegiatan penutup. 3) Kendala Penerapan strategi STAD adalah sebagai berikut: a) Siswa masih belum mampu berdiskusi dan bekerja sama selama pembelajaran berlangsung karena masih adanya siswa yang lebih individualisme. b) Siswa kurang memahami langkah-langkah dalam model pembelajaran kooperatif STAD, c) Beberapa siswa kurang aktif saat diskusi kelompok, d) Siswa masih malu untuk presentasi didepan kelas, f) Beberapa siswa membuat keributan saat berpindah ke kelompoknya, g) Beberapa siswa belum selesai mengerjakan tugas hingga batas waktu yang ditentukan, h) Siswa berprestasi rendah memberikan kontribusi yang minim, sering kali bergantung pada bantuan siswa berprestasi tinggi. 4). Solusi permasalaahn penerapan model pembelajaran STAD adalah sebegai berikut: a) Memberikan pemahaman yang baik tentang model pembelajaran kooperatif STAD, b) Memberikan motivasi siswa untuk bisa aktif bekerja sama didalam kelompok, c) Menuntun siswa membagi tugas setiap anggota di dalam kelompok agar setiap anggota kelompok berpartisipasi dalam mengerjakan tugas, d) Guru harus mampu menguasai kelas agar kondusif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Al-Katib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Katib Jurnal Pengajaran Bahasa Arab yang diterbitkan oleh PBA (Pendidikan Arab) di bawah naungan Sekolah Pendidikan Islam Nurussalam. Jurnal Al-Katib berisi artikel berdasarkan penelitian atau studi kepustakaan yang berfokus pada linguistik dan pengajaran bahasa Arab, dan diterbitkan dua kali ...