KOMPUTASI
Vol 8 No 2 (2024)

Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Tentang Tokoh Sejarah Inspiratif Indonesia Menggunakan Metode MDLC

Muhammad, Febrylian Akbar Nur (Unknown)
Amrulloh, Hafidz Zaki (Unknown)
Sitorus, Jestin Reynard Polin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Mempelajari sejarah adalah komponen krusial dalam pendidikan, karena berperan dalam membina identitas dan karakteristik suatu bangsa. Namun, pembelajaran sejarah yang konvensional sering kali tidak menarik perhatian siswa dan membuat mereka bosan. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan media belajar interaktif multimedia tentang tokoh-tokoh sejarah inspiratif Indonesia yang dapat membangkitkan ketertarikan dan semangat siswa dalam mempelajari sejarah. Media edukatif ini dikembangkan dengan menerapkan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang mencakup enam langkah, yaitu konseptualisasi, desain, penggalian materi, produksi, evaluasi, dan penyebaran. Media pembelajaran ini berisi materi tentang tokoh-tokoh sejarah inspiratif Indonesia, seperti Raden Ajeng Kartini, Ki Hadjar Dewantara, Mohammad Hatta dan lainnya, yang disajikan dalam bentuk teks, audio, video, gambar, dan animasi. Media pembelajaran ini juga dilengkapi dengan fitur interaktif, seperti kuis, dan permainan, yang dapat meningkatkan keterlibatan dan keterampilan siswa dalam belajar sejarah. Hasil pengujian media pembelajaran ini menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memiliki tingkat kelayakan yang tinggi dari segi isi, tampilan, dan fungsi. Oleh karena itu, media belajar interaktif multimedia mengenai tokoh-tokoh sejarah inspiratif Indonesia ini bisa menjadi pilihan alternatif sebagai media belajar yang efisien dan menarik untuk pelajaran sejarah di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

infokom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal yang berfokus dibidang Informasi, Teknologi, dan hal keilmuan yang terkait, dengan scope Komputer sains & IT, Pengambilan keputusan, Riset operasi & Manajemen, Electrical Engineering, dan ...