Jurnal Accounting Unipa
Vol 4 No 2 (2025): Jurnal Accounting Unipa

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN MIE PEDAS MAMPUS ( MPM ) CABANG SUKUN – PONDOK AREN

Lestari, Dayanti (Unknown)
Inva Jaswita, Derizka (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Mie Pedas Mampus (MPM) Cabang Sukun - Pondok Aren baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bersifat asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan teknik simpel random sampling. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Teknik pengumpulan data dengan cara kuisioner, teknik analisis data dengan uji validitas, realibilitas, uji hipotesis, uji t dan uji f dengan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y = 3,876 + 0,512X1. Nilai korelasi sebesar 0,847 dimana nilai tersebut berada pada interval 0,800 - 0,1000 artinya kedua variable mempunyai tingkat hubungan sangat kuat. Nilai Koefisien determinasi sebesar 0,717 maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar 71,7% sedangkan sisanya sebesar (100-71,7%) = 28,3% dipengaruhi variabel lain. Uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (4,073 > 1,986). Dengan demikian H01 ditolak dan Ha1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. (2) Promosi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y = 3,979 + 0,780X2. Nilai korelasi sebesar 0,696 dimana nilai tersebut berada pada interval 0,600 - 0,799 artinya kedua variabel mempunyai tingkat hubungan yang kuat. Nilai Koefisien determinasi sebesar 0,485 maka dapat disimpulkan bahwa variabel promosi berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar 48,5% sedangkan sisanya sebesar (100-48,5%) = 51,5% dipengaruhi variabel lain. Uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (2,584 > 1,986) . Dengan demikian H02 ditolak dan Ha2 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap kepuasan konsumen. (3) Kualitas Pelayanan dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y = 3,522 + 0,490X1 + 0,053X2. Nilai korelasi sebesar 0,847 dimana nilai tersebut berada pada interval 0,800 - 0,1000 artinya ketiga variabel mempunyai tingkat hubungan yang sangat kuat. Nilai Koefisien determinasi sebesar 0,718 maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar 71,8% sedangkan sisanya sebesar (100-71,8%) = 28,2% dipengaruhi variabel lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (71,967 > 3,090). Dengan demikian H03 ditolak dan Ha3 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

accounting

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Accounting UNIPA merupakan jurnal penelitian Program Studi Akuntansi Universitas Nusa Nipa dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu akuntansi,Manajemen, Bisnis, Kewirausahaan, Ekonomi. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya ...