LIMMUD: Jurnal Ilmu Keagamaan dan Sosial Humaniora
Vol. 1 No. 2 (2024): September || LIMMUD: Jurnal Ilmu Keagamaan dan Sosial Humaniora

STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAK SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA BAGI SISWA DI SMA N 2 MANADO

Polla, Bilham Imanuel (Unknown)
Anita I Tuela (Unknown)
Max G Ruindungan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi pembelajaran PAK dalam menumbuhkan sikap moderasi Bergama siswa di SMA Negeri 2 manado. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi . Observasi, wawancara dan dokumentasi menjadi prosedur peneliti untuk mengumpulkan data dan menemukan informasi bahwa Strategi utama pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam menumbuhkan sikap moderasi beragama siswa di SMA N 2 Manado adalah melalui pendekatan role model.Guru PAK berperan sebagai teladan yang mendemonstrasikan nilai-nilai toleransi dan penghargaan terhadap keragaman melalui perkataan, sikap, dan perilaku mereka sehari-hari di sekolah. Mereka menjadi role model yang menginspirasi siswa untuk mengembangkan cara pandang yang lebih inklusif dan terbuka. Selain itu, sekolah juga mengimplementasikan berbagai metode pembelajaran aktif seperti diskusi kelompok lintas iman dan proyek kolaboratif yang melibatkan siswa dari berbagai latar belakang agama

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

limmud

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

LIMMUD: Jurnal Ilmu Keagamaan dan Sosial Humaniora adalah Jurnal yang diterbitkan langsung oleh PT. Giat Konseling Nusantara. Jurnal ini bekerjasama dengan Asosiasi Poimenika Indonedia (APIN) dan Prodi S2 Pastoral Konseling IAKN Manado. LIMMUD: Jurnal Ilmu Keagamaan dan Sosial Humaniora dari kata ...