Kepuasan pemustaka merupakan konsep sentral manajemen perpustakaan. Perpustakaan dapat menarik minat kunjung pemustaka dengan mengenali, memenuhi, dan memuaskan kebutuhan pemustaka dengan baik. Dalam memahami kualitas seorang pemustaka akan membandingkan apa yang mereka harapkan dengan apa yang mereka terima selama proses dan pasca-pelayanan jasa perpustakaan. Dalam melakukan pelayanan kepada pemustaka, faktor responsiveness dan tangibles sangatlah penting diperhatikan oleh pengelola perpustakan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh responsiveness dan tangibles baik secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pemustaka pada Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Populasi pada penelitian ini merupakan anggota perpustakaan. Sampel pada penelitian sebanyak 98 responden dengan menggunakan teknik Propotionate Stratified Random Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS Version 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan Uji Parsial (Uji t) Faktor Responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pemustaka Pada Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia, (2) Berdasarkan Uji Parsial (Uji t) Faktor Tangibles berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pemustaka Pada Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia, dan (3) Berdasarkan Uji Simultan (Uji F) Faktor Responsiveness dan Tangibles secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pemustaka Pada Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Copyrights © 2021