Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pencapaian perkembangan motorik kasar anak usia 5- 6 tahun pada masa pandemi Covid-19 di TK Markus Medan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak di kelas B-Plus One yang berjumlah 13 anak. Adapun jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dengan pengamatan langsung dan dokumentasi proses pelaksanaan kegiatan motorik kasar anak di kelas B-Plus One. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data tingkat pencapaian perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun pada masa pandemi Covid-19 di kelas B-Plus One TK Markus Medan Tahun ajaran 2020/2021, secara keseluruhan dari 16 indikator dapat dilihat bahwa tingkat pencapaian perkembangan motorik kasar anak kelas B-Plus One di TK Markus Medan dari 13 anak, tidak ada yang berada pada kategori Belum Berkembang (BB), 2 anak atau sebesar 15,38% berada pada kategori Mulai Berkembang (MB), 10 anak atau sebesar 76,92% berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 1 anak atau sebesar 7,7% berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).
Copyrights © 2021