Smartphone Oppo merupakan salah satu handphone android yang banyak digunakan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh influencer dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui survei dengan pendekatan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia yang berjumlah 675 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dimana orang yang dijadikan sampel harus mempunyai kriteria tertentu yaitu merupakan pengguna smartphone Oppo, dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan diolah dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Influencer berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dari nilai thitung sebesar 9,602dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05; (2) inovasi produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibuktikan dari nilai thitung 5,259 dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05; dan (3) Influencer dan inovasi produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan hasil pengujian diperoleh dengan nilai F hitung sebesar 439,942dengan nilai signifikan 0,000<0,05.
Copyrights © 2021