Perkembangan media turut ambil bagian dalam penyebaran informasi khususnya dalam periklanan yang digunankan oleh perusahaan, salah satunya adalah beriklan pada situs youtube. Salah satu perusahaan pengguna youtube sebagai media periklanan adalah Shopee. Dengan menggunakan format iklan pop-up shopee berupa video yang muncul secara tiba-tiba dilayar ketika mengakses video. Penggunaan iklan pop-up shopee pada youtube dapat mempengaruhi khususnya sikap khalayak dalam mengakses situs YouTube. Dalam penelitian ini iklan video Shopee yang dijadikan iklan pop-up shopee adalah iklan yang bertemakan youtube terhadap sikap khalayak pada bulan Agustus-oktober 2016. Berdasarkan tampilan data statistik pada youtobe, peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh iklan pop-up Shopee versi pada youtube terhadap sikap khalayak. Komponen sikap khalayak yang diteliti dalam penelitian ini adalah komponen kognitif, efektif, dan konatif. Penelitian ini menggunakan deskriftif yang bersifat kausal. Teknik sampling yang digunakan adalah insidental sampling sebanyak 100 responden melalui penyebaran kosioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah regresi sederhana dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan persentase tanggapan terhadap iklan pop-up shopee versi youtube sebesar 71,21%,sedangkan pada sikap khalayak 67,55%. Variabel komponen audiovisional ikalan pop-up versi youtube memiliki pengaruh sebesar 57,55%. Sehingga dapat pengaruh yang cukup tinggi terhadap sikap khalayak.
Copyrights © 2021