Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas public relations (khususnya external public relations) dalam mempromosikan Yayasan Sauri Mitra Utama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Strategi adalah perencanaan atau menajamen yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Promosi merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan baik dalam memasarkan barang atau jasa. Strategi promosi merupakan perencanaan yang telah ditetapkan dalam melakukan kegiatan promosi. Persaingan dalam dunia pendidikan untuk mendapatkan calon karyawan-siswi baru semakin ketat, membuat Yayasan Mitra Sauri Utama Medan harus memiliki strategi yang baik agar dapat menarik minat calon karyawan baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi Yayasan Mitra Sauri Utama Medan dalam menarik minat calon karyawan baru. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek yang menjadi informan penelitian ini berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumenatasi. Hasil penelitian ini adalah strategi promosi yang dilakukan Yayasan Mitra Sauri Utama Medan dalam menarik minat calon karyawan baru telah dilakukan dengan baik. Berdasarkan konsep bauran promosi yaitu, periklanan berupa spanduk, baliho dan brosur. Penjualan perorangan tidak hanya dilakukan oleh tim promosi akan tetapi karyawan ikut mempromosikan sekolah kepada orang-orang terdekat. Publisitas dengan berbagai kegiatan gotong royong, lomba, dan didikan dasar militer (diksarmil) serta pemasaran langsung melalui telepon berupa nomor telpon, facebook dan instagram telah dilaksanakan dengan baik.
Copyrights © 2021