Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran Academic Self-Efficacy terhadap Student Engagement dalam kurikulum merdeka. Terdapat 147 siswa yang berpartisipasi dan dipilih berdasarkan quota sampling. Dalam variabel academic self-efficacy diukur menggunakan alat ukur The Academic Self-Efficacy Scale (TASES) dan alat ukur student engagement diukur menggunakan alat ukur School Engagement. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dalam program SPSS. Berdasarkan pengolahan data secara statistik, diperoleh pengaruh academic self-efficacy terhadap behavioral engagement sebesar 0.211, emotional engagement 0.183, dan cognitive engagement 0.280. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara academic self-efficacy terhadap behavioral engagement, emotional engagement, dan cognitive engagement. Academic self-efficacy memilih pengaruh yang paling tinggi pada dimensi cognitive engagement. Saran dari peneliti untuk pihak sekolah dapat mencanangkan pelatihan academic self-efficacy sebagai program peningkatan student engagement para siswa.
Copyrights © 2025