Jounal of Contemporary Indonesian Islam (JCII)
Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Contemporary Indonesian Islam

Peningkatan Pelajaran IPA Materi Cahaya Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbantukan Media Pembelajaran (Kartu Index)

Mutia, Farah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Efektivitas pembelajaran ditentukan oleh penggunaan media. Cooperative learning merupakan salah satu model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran koperatif menggunakan media pembelajaran kartu indeks pada mata pelajaran IPA. Penelitian juga mendeskripsikan secara empiris bahwa media pembelajaran kartu indeks mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi cahayapelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Paradigma dalam penelitian berjenis kuantiatif tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan penelitian dengan metode Cooperative Learning berbantukan kartu indeks  pada pembelajaran IPA  materi cahaya di kelas VIII/ B di SMP Negeri 4 Baktiya  dimulai dari do’a dan absensi, apersepsi dilanjutkan guru membagi kelompok, Melakukan percobaan sesuai LK, guru memberikan tugas kepada semua kelompok untuk berdiskusi dengan menyelesaikan LKS yang diberikan guru, setelah diskusi selesai guru mempersilahkan setiap kelompok untuk mempresentasikan dan mengomentari kelompok lain, guru memberikan penghargaan dengan cara menampilkan kelompok terbaik di papan tulis, dan terakhir guru mengajak semua untuk berdoa bersama; (2) Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi cahaya menggunakan model cooperative learning berbantukan kartu indeks di kelas  VIII B SMPN 4 Baktiya  mengalami peningkatan setiap siklusnya Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan klasikal pada silkus I yaitu (64,00 %) dan disiklus II  yaitu (88,00%) dan nilai rata-rata pada siklus I yaitu (70,4%) dan disiklus II yaitu (91,2%).  Hal tersebut juga dapat dilihat dari hasil peningkatan keaktifitasan siswa dalam setiap siklus,siklus I (68,00% )dan di sklus II yaitu (92,00%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JCII

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jounal of Contemporary Indonesian Islam (JCII) is a peer-reviewed, open-access academic journal published by the Postgraduate Program of UIN Sultanah Nahrasiyah Lhokseumawe, Aceh, Indonesia. The journal is published twice a year (June and December) both in online and printed versions. JCII is ...