Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 1 No. 1 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education

PENERAPAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS-PROJECT BASED LEARNING (STEM-PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Nur'Aeni, Sri (Unknown)
Lestiana, Herani Tri (Unknown)
Toheri, Toheri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2023

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM selaras dengan pembelajaran abad 21 karena bersifat kontekstual, sehingga dapat memberdayakan kemampuan siswa untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM (STEM-PjBL) pada materi trigonometri dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika pada materi trigonometri, menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM (STEM-PjBL) pada siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap sampel 35 siswa dengan teknik pengumpulan data berupa tes. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif pada posttest diperoleh hasil sebesar 81,33 lebih besar daripada hasil pretest 32,00. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan perhitungan menggunakan uji N-Gain. Pada kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh hasil perhitungan rata-rata uji N-Gain sebesar 0,72 dan termasuk kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi trigonometri sesudah diterapkan model pembelajaran STEM-PjBL.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...