Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 1 No. 1 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education

ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SANGONAN 3

Saputro, Hengkang Bara (Unknown)
Nurrahmi, Ahdiatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Matematika merupakan salah satu pelajaran wajib bagi siswa, oleh sebab itu diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dalam mengoptimalkan aktivitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis strategi pembelajaran pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sangonan 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Muhammadiyah Sangonan 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SD Muhammadiyah Sangonan 3 menerapkan strategi student centre. Strategi pembelajaran student centre adalah strategi yang mengharuskan siswa menjadi pelajar yang aktif. Di dalam penerapannya, agar berjalan optimal diperlukan beberapa hal diantaranya adalah guru menjalin kerja sama dengan orang tua siswa, guru melakukan pendekatan dengan mengajarkan siswa satu-persatu, serta guru menggunakan metode, media, dan materi pembelajaran sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pada pembelajaran matematika terdapat delapan jenis aktivitas belajar diantaranya adalah visual activities, oral activities, listenin activities, drawing activities, writing activities, motor activities, mental activities, dan, emosional activities.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...