Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 1 No. 1 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education

HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS VII SMP NAHDLATUL ULAMA PALEMBANG PADA PENDEKATAN PROBLEM POSING

Afnah, Kurotul (Unknown)
Arifin, Sujinal (Unknown)
Syutaridho, Syutaridho (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan problem posing terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Nahdlatul Ulama Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true-experimental design dengan posttest-only control group. Penelitian dilakukan di SMP Nahdlatul Ulama Palembang dengan populasi seluruh kelas VII. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga didapat kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa untuk kelas eksperimen, sedangkan tes hasil belajar untuk kelas kontrol. Analisis data yang diperoleh dari data tes hasil belajar untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t sedangkan analisis terhadap respon siswa dilakukan melalui analisis kriteria skor rata-rata. Dari hasil analisis data tes hasil belajar dan angket respon siswa terhadap pendekatan problem posing dinyatakan bahwa bahwa terdapat pengaruh pendekatan problem posing terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Nahdatul Ulama Palembang, dan respon siswa sangat positif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...