Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 1 No. 2 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education

HUBUNGAN ANTARA PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Fitriatien, Sri Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2024

Abstract

Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda dalam menuntaskan sebuah tugas yang berkorelasi dengan akademik sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam menyerahkan tugas bahkan mengalami kegagalan dalam menyelesaikannya. Seseorang yang mempunyai kebiasaan melakukan prokrastinasi akademik biasanya tidak bisa mengolah waktu dengan baik. Oleh sebab itu dibutuhkan usaha untuk menghindari terjadinya prokrasinasi akademik dengan cara memperbaiki pengelolaan waktu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeteksi hubungan antara prokrastinasi akademik dengan hasil belajar matematika siswa. Pada penelitian ini metode yang digunakan yakni kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X SMA Al-Islam Krian. Untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas X IPS 3 sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik dan tes hasil belajar matematika siswa. Analisis data dengan menggunakan pengujian korelasi Product Moment Person dengan uji prasyarat memakai uji normalitas dan uji linieritas. Dari hasil analisis data, hipotesis yang berbunyi “terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara prokrastinasi akademik dengan hasil belajar siswa” diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa semakin tinggi prokrastinasi akademik maka semakin rendah hasil belajar matematika siswa. Namun sebaliknya jika prokrastinasi akademik rendah maka semakin tinggi hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...