Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdapat dua pertemuan, siklus pertama dilakukan pada tanggal 27 dan 29 Februari 2024, sedangkan siklus kedua dilakukan pada tanggal 4 dan 6 Maret 2024 di SMA Negeri 6 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.5 yang terdiri dari 37 siswa dengan latar belakang yang berbeda-beda. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil yang didapat dari penelitian adalah metode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal kontekstual dengan tingkat ketuntasan pada siklus I sebesar 75,7% dengan kategori baik dan siklus II sebesar 91,9% dengan kategori sangat baik.
Copyrights © 2024