Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 2 No. 1 (2024): Differential: Journal on Mathematics Education

PERBAIKAN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER

Ulfah, Aini (Unknown)
Jumroh, Jumroh (Unknown)
Yuliani, Heny (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdapat dua pertemuan, siklus pertama dilakukan pada tanggal 27 dan 29 Februari 2024, sedangkan siklus kedua dilakukan pada tanggal 4 dan 6 Maret 2024 di SMA Negeri 6 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.5 yang terdiri dari 37 siswa dengan latar belakang yang berbeda-beda. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil yang didapat dari penelitian adalah metode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal kontekstual dengan tingkat ketuntasan pada siklus I sebesar 75,7% dengan kategori baik dan siklus II sebesar 91,9% dengan kategori sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...